• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Pemda Koltim Bersama BPJS Kolaka Raya Ketenagakerjaan Gelar Rapat Tingkatkan Peserta Non ASN dan Petani Sawit

    Admin
    , Maret 06, 2024 WIB Last Updated 2024-03-06T23:16:07Z
    Foto : Istimewa 


    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI. com- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur ( Koltim) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar rapat meningkatkan kesejahteraan bagi peserta non ASN atau honorer dan pekerja petani sawit dengan menyediakan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Bertempat di Aula kompleks Pemda Koltim, Rabu, (6/03/2024).


    Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Kolaka Raya Pirman menjelaskan bahwasannya BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan kepada pegawai non ASN atau honorer lingkup Kabupaten Kolaka Timur dan pekerja petani sawit.


    “Melalui BPJS Ketenagakerjaan ini para peserta akan mendapatkan jaminan ketika mengalami kecelakaan kerja maupun meninggal dunia” tuturnya


    Ia menambahkan manfaat yang akan diterima para peserta BPJS Ketenagakerjaan JKK diantaranya berupa uang tunai dan pelayanan pengobatan atau perawatan yang diberikan pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja.


    Sementara bagi peserta JKM akan mendapatkan santunan berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris peserta ketika peserta meninggal dunia pada saat aktif sebagai peserta.


    Mengawali dalam kata sambutannya, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa,S.STP., M.Si mengucapkan Syukur alhamdulillah pada hari ini, kegiatan kita dapat terlaksana dengan baik serta bapak Bupati sangat mensuport.


    Dikatakannya, melalui BPJS Ketenaga kerjaan ini non ASN, petani Sawit atau kelompok tani, bahkan dari perusahaan Sawit seperti PT Sari ataupun juga petani sawit yang memilik lahan satu hektar, dua hektar atau lebih perlu masuk dalam dafatar dalam BPJS Ketenagakerjaan 


    Bahkan, Kata Sekda di tahun 2016 -2017 dulu, sudah ada kerjasama dari BPJS Ketenagakerjaan seperti sosial dan perumahan,BPJS ketenaga kerjaan ini sangat penting sekali kita tidak tahu dalam kehidupan kita dalam pekerjaan kita baik itu di kantor maupun di lapangan ada sesuatu yang rentan, namun kita tidak berdoa untuk itu.


    " Melalui Inpres nomor 2 tahun 2021 terkait Perlindungan non ASN, petani sawit dan kelompok tani perlu kita sosialisaikan bersama BPJS ketenagakerjaan," ucap Sekda  


    Foto : Istimewa 


    Ditempat yang sama kepala BPJS ketenagakerjaan kabupaten Kolaka Raya Musriati menyampaikan untuk hari ini merupakan tindak lanjut untuk antara kerja sama tenaga kerja kabupaten kolaka raya dengan pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Kolaka Timur (Timur).Ujarnya


    " Yang Alhamdulillah pertahun 2024 ini merupakan perhatian besar pemerintah daerah kolaka timur kepada seluruh tenaga kerja khususnya non ASN kemudian para petani sawit dan itu sudah kami daftarkan dan mendapatkan perlindungan BPJS ketenagakerjaan.


    Lanjutnya, Ia mengatakan untuk dua program yang pertama jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.


    "Jadi itu merupakan wujud hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat pekerja yang ada di kabupaten kolaka timur,"Ucapnya


    Ditanya terkait dengan respon non ASN dan para petani kolaka timur. 


    Musriati dengan nama sapaaan akrabnya menjelaskan Alhamdulillah kalau kami lihat responnya sangat bagus karena terbukti dari undangan yang hadir pada kesempatan ini Alhamdulillah cukup banyak dan mudah-mudahan materi yang kami sampaikan pada hari ini bisa di pahami oleh seluruh non ASN dan para petani sawit sehingga terjadi resiko kecelakaan kerja dan resiko meninggal dunia sudah dapat mengunakan atau mendapatkan manfaat BPJS ketenagakerjaan.Jelasnya


    "Harapan kami sejalan dengan harapan pemerintah pusat dimana karena ini merupakan program pemerintah sesuai instruksi bapak presiden no 2 tahun 2021 dan instruksi presiden no 4 tahun 2022 tentang optimalisasi BPJS ketenagakerjaan,"Harapnya


    Ditambahkan harapannya seluruh masyarakat pekerja bisa dapat memperoleh dan mendapatkan yang sesuai yang diberikan program BPJS ketenagakerjaan.Tambahnya.


    Foto : Istimewa 


    Dijelaskan, terkait rapat kerja sama untuk tahun 2023 sudah berapa kali kami adakan rapat diruang rapat setda kabupaten kolaka timur, kalau diakhir penganggaran kemarin tentu di akhir penganggaran tahun 2024.Jelasnya.


    "Dan Alhamdulillah pengganggaran berjalan dengan baik sudah di anggarkan melalui keuangan daerah dan tahun ini merupakan lanjutan dari kegiatan tahun lalu dimana pada saat anggaran sudah tersedia tentu manfaat yang sudah di dapatkan oleh masyarakat pekerja tentu kita harus sampaikan kepada calon atau tentu bagi peserta kami," Ucapnya


    Lebih lanjut, untuk pekerja Non ASN itu di angkah 2.174. dua ribu seratus tujuh puluh empat untuk Non ASN yang sudah di anggarkan untuk mendapatkan manfaat perlindungan BPJS ketenagakerjaan selama 1 tahun kedepan mulai Januari sampai Desember 2024.


    Dikatakannya, kemudian untuk petani sawit melalui kerja sama dinas tenaga kerja sudah di anggarkan juga sebanyak 992. Sembilan ratus sembilan puluh dua , tenaga kerja petani sawit.


    "Dan Alhamdulillah juga di pesta pemilu kemarin sebanyak 4.5003, empat ribu lima ratus tiga tenaga petugas pemilu 2024 yang sudah juga teranggarkan dan sudah dibayarkan oleh keuangan daerah pemerintah daerah kabupaten kolaka timur,' Syukurnya. (AdV)


    Laporan : Imran 


























    Komentar

    Tampilkan

    Terkini