• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Camat Uluiwoi Harap Pembangunan Insfratruktur Jalan dan Jembatan Jadi Prioritas Usulan Musrenbang 2025

    Admin
    , Maret 08, 2024 WIB Last Updated 2024-03-08T16:54:27Z
    Foto : Istimewa 


    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI. com- Saat menghadiri Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 tingkat Kabupaten yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) Kamis kemarin.


    Saat ditemui belum lama ini Camat Uluiwoi Jafar Aripin mengatakan ada beberapa hal yang paling prioritas terkait dengan kebutuhan Masyarakat pada rencana kegiatan pembangunan di Kecamatan Uluiwoi.


    "Saya selaku camat di sana tentu secara  totalitas sosial masyarakat yang paling terpenting itu infrastruktur dalam hal ini saya minta jalan bukan perbaikan tapi peningkatan Jalan dari pintu masuk di Desa Pehanggo sampai di Desa Aukora harus ada peningkatan Jalan,"kata Camat Uluiwoi saat diwawancarai di Ruang Aula Pemda Koltim saat mengikuti Musrebang RKPD tersebut.


    Lebih lanjut, Jafar Aripin dengan nama sapaan akrabnya mengatakan bahwa berhubung di Daerah wilayah nya yang di pimpinnya saat terjadi longsor dan rawan banjir atau bencana alam maka dirinya berharap agar ada kebijakan Pemerintah yang dapat  meralisasikan bantuan pelurusan Kali yang terletak di Desa Tawanga,  Desa Amololu, Desa Undolo dan Desa Lalombai, sebab kata dia Sungai tersebut berhubungan dengan Sungai Konaweeha.


    "Dan di Desa Tondowatu perlu diketahui juga air tergenang dan naik sampai 2 meter dari badan Jalan,"sebutnya.


    Foto : Istimewa 


    Ia mengungkapkan, dengan kondisi saat ini pada musim penghujan, untuk sementara masih bisa dilalui, meski keadaan badan  jalan belum diperbaiki.


    "Jadi untuk sementara waktu karena Hujan maupun bencana alam, kalau sy melihat kalau kendaraan Roda 4 termasuk roda 2 yaa masih bisa dilalui, hanya yang menjadi kendala untuk tahun ke tahun, khususnya di bulan 7 itu Banjir melanda luar biasa disana,"ungkapnya. 


    Selain infrastruktur jalan sebutnya, Pertanian juga merupakan bagian  usulan yang perlu menjadi perhatian yakni,  usulan pengadaan Bibit, Coklat, bibit ternak dan Sapi.


    Ia juga mengharapkan, agar ada kebijakan Pemerintah, baik Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun pusat agar dapat mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan dan masyarakat Uluiwoi.


    "Kami selaku Pemerintah di sana maupun Masyarakat sekiranya pemkab Koltim maupun pemprov  senantiasa merealisasikan  bantuan  bantuan infrastruktur, karena ini merupakan kebutuhan dasar  masyarakat di sana,"harapnya.



    Foto : Istimewa 


    Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (Bappeda) dan Litbang Kabupaten Kolaka Timur Mustakim Darwis mengatakan bahwa berdasarkan usulan dan saran yang ditampung melalui hasil musrenbang yang paling prioritas adalah  Jembatan Alaha yang putus akibat bencana.


    "Itu yang akan Kita usahakan,  tadi Alhamdulillah  ada dari Bapenas dan dari Provinsi itu kita akan tindak lanjuti setelah itu, baru Jalan,"sebutnya.


    "Tadi banyak yang mengusulkan Jalan ke Ladongi, Poli-polia dari Poli-Polia ke jurusan penghubung Baula dan termasuk di Lambandia dan itu Kita prioritaskan semua Tahun ini,"sambungnya.


    Mustakim juga menuturkan, jika usulan dari Kecamatan  Uluiwoi adalah hal yang prioritas.


    "Makanya tadi ada dari Pariwisata, Pariwisata itu Kita inginkan dia tematik, kalau Pariwisara dia tematik berarti obyek Wisatanya masuk, jalannya masuk, UKMnya masuk dengan Lingkungan hidupnya masuk,"jelasnya.


    Jadi prioritas Kita banjir, baik itu di Alaha itu yang putus, kemudian genangan-genangan Sawah itu, Kita usahakan bisa terlaksana secepatnya,harapnya.


    " Kalau usulan Musrenbang ini ada yang bisa di cover ada juga ada beberapa usulan yang kita kembalikan ke Negara, kita kembalikan yang hanya skala deker kemudian skala jalan-jalan kecil itu kita sampaikan kepada desa, sehingga kita akan fokus ke Kecamatan," bebernya 


    Kemudian, di sampaikan Kepala Bappeda untuk pertanian mungkin perencanaannya di 2025, yang paling mendasar tadi yaitu terjadinya banjir, sehingga Camat, Desa dan Lurah dengan delegasinya beberapa orang tadi sudah mendengarkan tiga hal yang sudah di setujui 


     Mustakim menegaskan tidak ada kegiatan titipan sebab kegiatan yang bisa di danai itu sesuai Renja OPD, pokok pokok pikiran DPRD melalui Musrenbang yang semuanya telah terinput dan akan dikerjakan sesuai perencanaannya.


    " Semoga apa yang telah kita paparkan tadi terkait masalah dan berapa usulan dan yang paling lebih duluan yang akan dieksekusi yaitu jalan kabupaten yang menghubungkan antara Kecamatan, apalagi itu menjadi hal yang sangat Kompleks,"pungkasnya (AdV)



    Laporan : Imran 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini