• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Sikapi Kelangkaan Gas Elpiji, Kadis Perindagkop dan UKM Koltim Warning Agen Pangkalan Tidak Menaikan Harga

    Admin
    , Oktober 18, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T14:03:27Z
    Foto : Istimewa 

    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI. com- Upaya mengatasi kebutuhan masyarakat sehari hari oleh karena itu , Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Perindagkop) dan UKM Kabupaten Kolaka Timur, Supriadi, S.Pd., M.Si, sikap tegas dalam menyikapi kelangkaan tabung gas Elpiji 3Kg dengan meminta para agen dan pangkalan untuk tidak menaikkan harga gas elpiji.


    “Kami meminta kepada para agen dan pangkalan LPG untuk tidak menaikkan harga gas elpiji. Kami akan melakukan pemantauan dan tindakan tegas terhadap pelanggaran harga yang telah ditetapkan”, tegasnya.


    Dia menambahkan bahwa Pemerintah daerah sangat memahami kebutuhan masyarakat akan gas elpiji sebagai kebutuhan pokok sehari-hari.


    Supriadi dengan nama sapaan akrabnya menyampaikan menurut pemantauan saya bahwa sebagian masyarakat menggunakan elpiji untuk tujuan yang seharusnya tidak dipakai di rumah tangga, melainkan digunakan di sawah untuk menyedot air, terutama dalam menghadapi kekeringan yang diakibatkan oleh musim kemarau yang berkepanjangan, dikenal sebagai fenomena El Niño.


    "Kasus seperti yang terjadi di desa Lowa, kecamatan Lambandia, menunjukkan bahwa bukan hanya puluhan, melainkan ratusan petani menggunakan tabung gas ini untuk memompa air guna mengaliri ribuan hektar sawah mereka," ungkapnya


    Dikatanya, situasi semacam ini menjadi penyebab utama kelangkaan elpiji di daerah tersebut. Sehingga upaya untuk mengatasi permasalahan ini, pihaknya akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan peninjauan terhadap agen-agen elpiji.ucap saat diwawancara beberapa Awak media , Senin (16/10/23) 


    "Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan elpiji dan juga memeriksa apakah terdapat praktik penyaluran yang tidak sah yang bisa menjadi penyebab kelangkaan elpiji," tegasnya.


    Menurutnya , ada dugaan bahwa oknum-oknum agen elpiji mungkin terlibat dalam penyaluran elpiji ke luar dari Kabupaten Kolaka Timur, yang bisa menjadi salah satu penyebab kelangkaan ini.


    Misalnya, diungkapkan Kadis ada informasi bahwa beberapa pihak mungkin menjual elpiji dengan harga yang jauh lebih tinggi di daerah tambang, bahkan mencapai dua kali lipat harga normal. Hal ini dapat menggiurkan oknum-oknum tertentu untuk melakukan penyaluran ilegal.


    Olehnya itu, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Kolaka Timur berharap agar masyarakat yang menggunakan elpiji untuk keperluan di luar rumah tangga dapat mengurangi pemakaiannya. 


    " Saya berharap oknum yang terlibat dalam penyaluran elpiji di luar wilayah Kabupaten Kolaka Timur untuk tidak menjualnya terlebih dahulu, karena elpiji tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk kebutuhan rumah tangga," harapnya


     Sementara itu, tempat berbeda salah satu warga menggeluhkan langkahnya tabung gas elpiji, bahkan ia mengeluhkan susahnya mendapatkan tabung Gas tersebut 


    " Ini tabung gas baru saya dapat, itupun saya beli di Lambuia dengan harga Rp 30.000, itupun masi sulit, untung untung kalau bisa kita dapat," keluhnya   


    Apalagi, diungkapkan pria sapaan Mas Bro ini, karena kita ini punya warung makan, harus menggunakan Gas elpiji, tidak mungkin masak pake kayu bakar, sehingga gas elpiji yang dipakai 


    " Sebagai masyarakat tolong kami dicarikan solusi, apalagi kita ini adalah bangsa yang kaya akan sumber daya alamnya, kita berharap pemerintah daerah kabupaten kolaka timur bagaimana bisa secepatnya diatasi atau di selesaikan dengan baik." Harapnya



    Laporan : Imran 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini