• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Disdukcapil Gelar Sosialisasi Pendaftaran Kependudukan di Kecamatan Tinondo

    Admin
    , Oktober 11, 2023 WIB Last Updated 2023-10-24T03:41:40Z
    Foto : Istimewa 


    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI. com - Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil gelar sosialisasi Pendaftaran penduduk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam layanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan di kecamatan Tinondo. Kamis (12/10/2023)


    " Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur  kehadirat  Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada saat ini kita dapat berkumpul dan hadir untuk mengikuti pembukaan Sosialisasi Pendaftaran Penduduk dalam keadaan sehat wal-afiat. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Allah, Muhammad SAW yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya hingga akhir zaman." Ucap Kadis Disdukcapil dalam kata sambutannya


    Dikatakannya, pelayanan administrasi kependudukan merupakan bagian dari urusan wajib Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. 


    " Banyak hal-hal mendasar dalam pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan perubahan dan perubahan tersebut semuanya meringankan beban rakyat, beberapa perubahan atas Peraturan tersebut adalah Layanan Gratis (Tidak di pungut biaya) untuk semua jenis layanan, penggunaan kertas putih untuk dokumen Kartu Keluarga dan Akta-Akta Pencatatan Sipil dan kemudahan persyaratan dalam layanan lainnya." Ujarnya 



    Foto :  Istimewa 


    Namun, Kata Syarif dengan nama sapaan akrabnya agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan secara efektif, diperlukan  perubahan sikap dan pola pikir dari semua jajaran aparat baik ditingkat Kecamatan sampai ke tingkat lapangan dalam hal ini Desa dan Kelurahan.



    " Perubahan sikap dan pola pikir aparat, tentu saja harus diawali dengan pemahaman yang utuh dan mendalam dari substansi Peraturan Perundang-Undangan. Oleh karena itu, maka dilaksanakanlah Kegiatan Sosialisasi ini yang antara lain agar para aparat di tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan memiliki pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat." Bebernya 


    Dalam rangka menjawab berbagai tantangan dan dinamika yang semakin kompleks di masyarakat terkait kebijakan kependudukan, aparat di tingkat Kecamatan Desa/Kelurahan mempunyai peran yang sangat besar dan telah nyata berkontribusi dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan diwilayahnya masing-masing.


    Untuk lebih meningkatkan hal ini, perlu dibangun kembali kesadaran masyarakat dari tingkat Desa dan Kelurahan tentang pentingnya dokumen kependudukan dalam berbagai keperluan.


    Foto : Istimewa 


    Dijelaskan Kepala Dinas Disdukcapil, tujuan utama dari kegiatan Sosialisasi ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang kebijakan administrasi kependudukan terbaru khususnya dibidang pendaftaran penduduk, selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan di tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan.


    " Untuk itu bagi peserta sosialisasi agar mengikuti acara ini dengan serius, sehingga benar-benar memahami beberapa kebijakan administrasi kependudukan terbaru dan dapat menginformasikannya  kepada masyarakat, keluarga dan lingkungan terdekat lainnya,"tuturnya 


    "  Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi jajaran aparatur di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan yang telah memberikan kontribusi dalam kemajuan penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kabupaten Kolaka Timur melalui Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Bersih, dan Transparan Melayani Masyarakat menuju Sejahtera Bersama Masyarakat Kolaka Timur Yang Agamis, Maju Mandiri dan Berkeadilan," ucapnya 


    Selanjutnya, kata Syarif dengan mengucapkan Bissmillahirrahmannirrahim Sosialisasi Pendaftaran Penduduk Tahun 2023 ini saya nyatakan dibuka secara resmi.


    " Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian dalam beraktivitas," tutupnya (Adv)


    Laporan : Imran Is 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini