• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Upaya Meningkatkan Hasil Pertanian di Koltim, PLT Bupati Bagikan Puluhan Alsintan dan Pupuk Organik

    Admin
    , Agustus 31, 2023 WIB Last Updated 2023-09-01T06:59:41Z
    Foto : Istimewa 


    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI.com- Melalui terobosan Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat "GEMAS" PLT Bupati Koltim, Abdul Azis, SH.,MH didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan, Lasky Paemba, Sp.,M.Si membagikan puluhan Alsintan, bibit padi serta pupuk organik kepada puluhan kelompok tani yang ada di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara bertempat di workshop Dinas Pertanian, Desa Woiha Kecamatan Tirawuta.


    Dalam sambutannya, Bupati Koltim berharap kepada kelompok tani yang mendapat bantuan ini agar sekiranya dipergunakan sebaik-baiknya.


    “Jangan hanya dinikmati oleh satu orang karena peruntukan bantuan ini diserahkan dalam bentuk kelompok. Bantuan ini betul-betul dirawat bersama kelompok taninya. Jika ada alat rusak untuk dilakukan perbaikan,” paparnya.


    Lanjutannya, Bupati mengharapkan bantuan bibit yang diserahkan ini agar betul-betul ditanam oleh petani. Penyuluh diharapkan terus melakukan pendampingan terhadap petani di masing-masing wilayah binaannya sehingga bibit tertanam dengan baik dan produktivitas maupun produksi dapat meningkat sehingga pendapatan petani atau masyarakat akan lebih sejahtera di Kabupaten Kolaka Timur.



    Foto : Istimewa 


    Kemudian bantuan pupuk cair juga untuk dimanfaatkan oleh petani. Saat ini Kementerian Pertanian mencanangkan pertanian pro organik.


    “Saya berharap secara perlahan-lahan mindset kita bisa dirubah yang dulunya hanya fokus ke penggunaan pupuk kimia untuk selanjutnya bisa dirubah untuk beralih ke organik. Saya juga yakin untuk mengubah 100 persen ke organik itu sulit tapi sekiranya dapat dirubah secara perlahan-lahan. Melihat juga kondisi sekarang yang sulit sekali mendapatkan pupuk subsidi, saya rasa bantuan pupuk organik ini menjadi salah satu solusi kelangkaan pupuk tersebut,”lanjutnya.


    Diharapkan dalam pertemuan teknis ini penyuluh dapat mengambil kesempatan saling mengakses dan bertukar informasi tehnologi khususnya tehnologi-tehnologi tepat guna yang dapat diterima masyarakat tani demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya serta mampu mensinergikan dengan VISI-MISI Kabupaten Kolaka Timur.


    Salah satu yang menjadi fokus pembangunan di daerah Kabupaten Kolaka Timur adalah mewujudkan tujuan pembangunan nasional terutama dibidang pertanian, yaitu menciptakan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern.



    Foto : Istimewa 


    Hal tersebut sejalan dengan visi kementrian pertanian yaitu Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern untuk Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berlandaskan Gotong Royong.


    Majunya sektor pertanian ditandai dengan meningkatnya produksi dan produktivitas komoditas pangan serta mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri (pangan mandiri) yang pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan petani. Kemajuan dan kemandirian di sektor pertanian diwujudkan dengan peningkatan hasil pengembangan penelitian terapan didukung oleh kualitas SDM dalam menggunakan teknologi modern berbasis kawasan pertanian.


    Salah satu yang menjadi fokus pembangunan di daerah Kabupaten Kolaka Timur adalah mewujudkan tujuan pembangunan nasional terutama dibidang pertanian yaitu menciptakan pertanian Indonesia yang bermartabat, mandiri, maju, adil dan makmur.


    Laporan : Imran 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini