• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Ivan Gunawan Bakal Pamerkan Motif Sorume Koltim

    Admin
    , Februari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-04-06T07:45:58Z
    Foto : Istimewa 


    JAKARTA, TARGET INVESTIGASI.com - Tak hanya dikenalkan lewat ajang Indonesia Fashion Week, Motiv Wulele Sorume bakal dipamerkan salah satu perancang busana terkenal di tanah air.


    Ya, perancang busana nasional atau desainer yang juga artis tanah air Ivan Gunawan, berkomitmen untuk mengembangkan dan memamerkan motiv Sorume ini, sehingga bisa dikenal dan digunakan seluruh masyarakat Indonesia.



    Foto : Istimewa 


    Komitmen artis yang akrab disapa Igun ini, dilontarkan saat bertatap muka dengan Bupati Koltim Abd Azis SH MH dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Koltim Hartini Azis AMa, di Jakarta, Senin (27/2/2023).


    "Luar biasa ini motiv nya (Sorume), keren dan saya yakin bakal diterima seluruh lapisan masyarakat Kolaka Timur sendiri dan Indonesia," tutur Igun sambil mengamati beberapa lembar contoh tenunan bermotiv Sorume yang sudah dibawa Ketua Dekranasda dari Koltim.



    Foto : Istimewa 


    Dikatakan Igun, agar terlihat lebih keren dan menarik, dirinya akan sedikit mendesain ulang tenun motif Sorume, supaya bisa menjadi brend Koltim, dan bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.



    Atas respon positif Igun ini, Hartini Azis berkomitmen untuk terus mengembangkan segala potensi daerah Koltim, agar bisa dikenal hingga seluruh pelosok Indonesia.


    "Kita punya banyak kekayaan seperti motiv Wulele Sorume ini, yang bisa mengharumkan nama Kolaka Timur, hingga tingkat nasional. Insyaallah ditangan mas Ivan ini, motiv Sorume ini akan semakin dikenal dan dicintai," harapnya


    "Luar biasa ini motifnya (Sorume), keren dan saya yakin bakal diterima seluruh lapisan masyarakat Kolaka Timur sendiri dan Indonesia," tutur Igun sambil mengamati beberapa lembar contoh tenunan bermotif Sorume yang sudah dibawa Ketua Dekranasda dari Koltim.


    Kata Igun, agar terlihat lebih keren dan menarik, dirinya akan sedikit mendesain ulang tenun motif Sorume, supaya bisa menjadi brend Koltim, dan bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.


    Atas respon positif Igun ini, Hartini Azis berkomitmen untuk terus mengembangkan segala potensi daerah Koltim, agar bisa dikenal hingga seluruh pelosok Indonesia.


    "Kita punya banyak kekayaan seperti motif Wulele Sorume ini, yang bisa mengharumkan nama Kolaka Timur, hingga tingkat nasional. Insyaallah ditangan mas Ivan ini, motif Sorume ini akan semakin dikenal dan dicintai," ucap Ketua Dekranasda Koltim. 


    Tak hanya itu, baru-baru ini dikenalkan lewat ajang Indonesia Fashion Week, pada acara yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (25/2/2023) diikuti sejumlah kabupaten di Sultra yang turut disaksikan Sekda Provinsi Sultra Drs Asrun Lio bersama istri, Bupati Koltim Abd Azis SH MH bersama istri yang juga Ketua Dekranasda Koltim Hartini Azis A.Ma, dan sejumlah bupati bersama istri, serta ratusan masyarakat Jakarta sendiri.


    Dengan menampilkan sejumlah model yang memamerkan kecantikan dan keindahan kain tenun bermotif Sorume ini, sangat mengagumkan bagi seluruh yang hadir di momen tersebut.


    Selain karena kegigihan seorang Hartini Azis untuk terus menampilkan serta mempromosikan motif salah satu bunga khas Koltim ini, Desainer Amir Malik juga merupakan sosok dibalik penampilan mengagumkan tersebut.


    Usai kegiatan tersebut, Hartini Azis menyampaikan, Sorume yang menjadi ciri khas Koltim harus terus diperkenalkan dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.


    "Tenun motif Sorume, adalah ciri khas kita di Kolaka Timur yang harus terus diperkenalkan dan digaungkan, agar semakin dicintai masyarakat Kolaka Timur sendiri," harapnya. 


    Selain itu Putra Putri Kolaka Timur pertunjukan dengan gagah dan anggun di acara Sultra Tenun Karnaval (STK) di Bau-Bau. (Ft, Ist)



    Foto : Istimewa 


    Sebelumnya juga, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hartini Azis, A.Ma mempertunjukan desain motif dan icon Sorume bunga anggrek sebagai khas daerah Kolaka Timur pada pembukaan Sultra Tenun Karnaval (STK) tahun 2022 di Alun-alun kota Mara Bau-Bau.


    Motif dan icon Sorume atau Bunga Anggrek khas Koltim, menjadi pusat perhatian di pembukaan STK Tahun 2022 di Alun-Alun Kota Mara Bau-Bau saat itu


    Acara yang dibuka Walikota Bau-Bau La Ode Ahmad Monianse ini, diikuti seluruh kabupaten dan kota se-Sultra. Dan ikon Sorume Koltim dibawakan dan diperagakan oleh putra putri terbaik Koltim yang tampil gagah dan anggun dihadapan ratusan pasangan mata pada acara tersebut.


    Foto : Istimewa 


    Desain dan ikon sorume dari daerah yang dipimpin Abd Azis SH ini, mengundang tepuk tangan dan decak kagum seluruh yang hadir. Termasuk Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, H Belli SE MSi.


    Dalam narasi yang disampaikan dihadapan dewan juri dan pejabat serta masyarakat yang hadir, jika Sorume atau Anggrek serat dalam Bahasa Tolaki ini, telah lama dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai kerajinan tangan, seperti anyaman tikar, songkok dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya. (Adv)



    Laporan : Imran (Is)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini