• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Pj Bupati Koltim Hadiri Sekaligus Resmikan Puskesmas Mokupa

    Admin
    , Agustus 11, 2022 WIB Last Updated 2022-08-12T02:24:59Z
    Foto: Istimewa


    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Kesehatan Kolaka timur (Koltim) Pj Bupati Koltim, Ir.H.Sulwan Abunawas,M.Si menghadiri  sekaligus meresmikan Puskesmas Mokupa, Kecamatan Lambandia, Provinsi Sultra yang bertempat di halaman UPTD Puskesmas Lambandia Kamis (11/8/2022).



    Kegiatan Peresmian ini dihadiri langsung Pj.Bupati Koltim,Ir.H.Sulwan Aboenawas,M.Si,Sekretaris Daerah (Sekda),para Asisten,Staf Ahli,Para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Koltim,Para Kabag Setda Koltim,Para camat,Lurah,Desa Se - kecamatan Lambandia serta Para Kapus se- koltim yg sempat hadir dalam kegiatan tersebut.



    mengawali  sambutannya Ir.H.Sulwan Aboenawas,M.Si  menyampaikan pembangunan kesehatan di Kolaka timur merupakan bagian integral dari pembangunan kesehatan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.


    “Semakin meningkatnya usia harapan hidup, semakin rendahnya angka kematian ibu dan bayi. Dan semakin membaiknya status gizi, semakin berkurangnya penyakit menular, dan terkendalinya penyakit-penyakit tidak menular, hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, yang diimbangi dengan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan,” tuturnya.


    Kata dia, peningkatan akses pelayanan kesehatan dapat dilakukan melalui penyediaan pasilitas kesehatan yang memadai dan semakin terjangkau, dan cakupan kepesertaan melalui jaminan kesehatan. Sedangkan pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan promosi, upaya kesehatan berbasis komunitas, dan peningkatan kesehatan lingkungan.


    Dalam mengatasi permasalahan kesehatan, lanjutnya maka agenda pembangunan kesehatan di fokuskan kepada penyediaan pasilitas kesehatan yang semakin dekat dengan masyarakat, penyediaan jaminan kesehatan melalui kartu sehat daerah yang terintegrasi dalam jaminan kesehatan Nasional.


    “Untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan di Lambandia, Pemerintah kabupaten Kolaka Timur membangun puskesmas Mokupa yang nantinya akan melayani penduduk di 6 Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 6.925 jiwa yaitu Desa Bou, Desa Onemanu, Desa Mokupa, Desa Mondoke, Desa Loea, dan Desa Peanggootu,” jelasnya.


    Ia menilai puskesmas tersebut sudah cukup memadai, walaupun nantinya kata Sulwan masih akan terus di tingkatkan seperti peningkatan akses jalan, penyediaan rumah dokter dan para medis dan penataan lingkungan puskesmas.


    “Dengan adanya puskesmas Mokupa ini maka saya menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan puskesmas ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan akan layanan kesehatan, menjaga dan memproteksi diri sendiri dan keluarga dari berbagai penyakit,” imbuhnya.


    Sulwan berharap agar para petugas medis bisa memberikan perhatian serius terhadap anggota keluarga rawan kesehatan seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan anak balita.


    “Saya juga mengajak untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, serta ditengah pandemi covid 19 sekarang ini, saya himbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan ikut Vaksinasi covid 19 hingga booster,” pintanya.


    Laporan: Imran I.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini