• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Iklan ucapan 17 Agustus sekda Koltim

    Puluhan Guru PAUD di Kolaka Dilatih Tangani Stunting

    Admin
    , November 11, 2020 WIB Last Updated 2020-11-12T00:28:40Z


    Kolaka, Target Investigasi Com-
    Guna memberikan pemahaman kepada para pendidik, Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kolaka menggelar kegiatan kegiatan training of trainer (ToT) percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Kolaka yang diikuti 20 peserta dari kalangan guru PAUD, digelar selama tiga hari, 26 – 28 Oktober 2020 bertempat diaula Dikbud Kolaka.


    Peserta dalam kegiatan pelatihan tersebut, merupakan pengajar pendidikan anak usia dini (PAUD) dari 10 desa lokus dan 10 desa penyangga di Kabupaten Kolaka.


    Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dikbud Kolaka, Tola mengatakan peserta mendapatkan materi tentang seribu hari pertama kehidupan, pola pengasuhan, dan praktek pendalaman materi.


    Nantinya mereka akan menjadi kader pelopor yang mempunyai pemahaman komprehensif mengenai stunting dan siap berperan aktif menjadi agen perubahan dan percepatan penanggulangan stunting di Kabupaten Kolaka.


    “Jadi setelah selesai mengikuti pelatihan, mereka akan melatih lagi orang-orang di desanya masing-masing. Sehingga tiap satu orang yang sudah kita latih, nanti akan melatih dua orang lagi, begitu seterusnya,” katanya ditemui media ini, Selasa (27/10)


    Mereka diharapkan bisa menyebarluaskan dan mengaplikasikan materi yang diberikan oleh pemateri, kepada pengajar PAUD, perangkat desa, petugas posyandu, tim penggerak pemberdayaan dan kesehatan keluarga dalam bentuk rencana aksi.


    “Jadi ada peran masing-masing untuk mencegah stunting ini. Mereka dibekali sertifikat sehingga bisa dipercaya di desa,” tambahnya.


    Dengan begitu, kata dia, terjadi percepatan pencegahan dan penurunan stunting di wilayah masing-masing dapat terwujud. Ditargetkan, dalam kurun waktu dua tahun bisa menjangkau 100 desa di Bumi Mekongga.


    “Pada tahun 2024 mendatang Kabupaten Kolaka bisa bebas dari kasus stunting. Untuk itu, perlu peran dan dukungan dari semua pihak terkait untuk menurunkan kasus stunting ini,” tutupnya. (Fir)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini